Modal Belajar Bahasa Arab
Belajar bahasa arab tidak bisa di pisahkan dari
ilmu nahwu sebab tampa ilmu nahwu..atau grammar arab maka bahasa itu akan
amburadul gak beresالنحو او مايسمى علوم لغةالعربية هوشيئ لا بد منه لمن يريد أن
يتعلم العربية فلايمكن أن يكون اللغة صحيحا بدونها وهو كا لملح في الطعام فهل
تستغنى الملح ؟ طبعا لا وكذلك علم النحو في العربيه..لهذا قا الشيج عبدالرحمن
السيوط في كتاب عقودالجمان…من ثم وجه النحو في الكلام # كالملح أذ يكون في الطعام
.وقال الأخرون ..النحو زين للفتى يكرمه حيث أتى#من لم يكن يعرفه فحقه أن يسكت
Di bawah ini aku ingin menerangkan sebagian
qowai’d ilmu nahwu
Pertama :kalimat:ada
3,Isim,fiil,harfالأسم,والفعل,والحرف
(1)Isim definisinya adalah..وهوكلة دالت على
معنى في نفسها ولم تقترن بزمان وضعاsuatu kalimat yang menumjukan dirinya sendiri
tampa di iringi waktu contoh زيد zaidun..menuduh kan kepada yang bernama
zaid tida terikan waktu /kapanpun itu dia zaid
(2)Fiil definisinya adalahوهوكلمة دالت على
معنى في نفسها وأقترنت بزمان وضعاsuatu kalimat yang menunjukan diri sendiri dan
diiringi waktu contoh فعلsudah mengerjakan..waktu lampau..يفعلsedang
mengerjakan..waktu sekarang..atau akan mengerjakan..waktu akan datang atau
mustaqbal
(3) Harf definisinya adalahوهوكلمة دالت على
معنى في غيرهاsesuatu yang menujukan pada kalimat lain nya bisa ikut isim
contoh في المسجدfilmasjidi..fi…itu haraf…menuduhkan/nempel di kalimat isim ya
itu al masjidi juga bisa ikut fiil contoh لم ينصر artinya laki2 tidak
menolong…kata..lam..itu harf..kata yansur itu fiil mudore..
(BAB ISIM باب الأسم )
Dalam bab ini akan menjelaskan apa yang berkaitan
dengan isim الأسمdefinisi isim telah di ketahui di atas tadi sekarang apa
tanda2 nya isim itu ? isim bisa di ketahui dengan
(1)خفض/كسرةkasrah..contoh في المسجد filmasjidi..di masjid..nah kalou
ada yang kasrah itu pasti kalimat isim(2)التنوين tanwinLbaris
dobel..contoh..بزيد bizaedin..kepada zaed ..nah kalau ada tanwin itu pasti
kalimat isim(3)الألف والام..alif lam..ال contoh..المدرسة..al
madrasatu..sekolah..kalo kalimat ada alif lam nya itu kalimat isim(4)حروف الجرّ
huruf jar..ya itu huruf yang suka merubah baris yang di ikutinya menjadi
kasrah..contoh..في البيت filbaeti..fi+albaeti..asal nya albaetu..terus ada fi
jadi filbaeti..di rumah ..contoh lagi..على السيارة ala
sayaroti..ala+sayaroti…asal nya assayarotu ..di tambah ala jadi ala sayaroti..di
atas mobil.harkat akhir di ubah menjadi kasrah ..kalo ada huruf jar itu kalimah
pasti kalimat isim..sedangkan huruf jar itu adalah ..من min..dari..الى
ilaa..ke/arah/tujuan..عن a’n..dari/jauh dari..علىalaa..di atas/kepada..في
fi..di dalam/di atas/di..ربّ rubba..terkadang/banyak/agak banyak.(5). حروف
قسمم huruf untuk ber sumpah..jumlah nya ada tiga ب ba contoh بالله
billahi..demi allah..و wawu contoh والله wallahi demi allah..ت ta..contoh
تا لله tallahi demi allah..nah kalau kalimat di masukin semua huruf yang diatas
ini itu pasti kalimat isim..clear enough ?…فالأسم يعرف بالخفض والتنوين والدخول
الف والام وحروف الجرّ وهي من ,الى,عن,على,في,ربّ,وحروف القسم وهي الباء والواو
والتاء
(BAB FIIL باب الفعل)
Definisi fiil الفعل sudah di ketahui di atas
sekarang apa tanda2 fiil ? fiil bisa diketahui dengan(!)
..قد..qod..telah..contoh قد قام qod qoma..telah berdiri..qod+qoma asal nya
qoma..berdiri ditambah qod kalau kalimat ada qod didepanya itu kalimat
fiil..(2)س..sin.akan waktu dekat.contoh
سأذهب saadzhabu..akan pergi ..ini namanya sin tanfis..kalau ada kalimat semacam
ini pasti kaliamat fiil(3) سوف saufa..akan waktu jauh..contoh سوف أذهب saufa
adzhabu..akan pergi waktunya nanti masih jauh..(4) تاء تأنيث الساكنة ta tanis/perempuan..dan
ta itu sukun/mati tak ber harkat..contoh اتت,جائت atat,jaat..datang seorang
wanita..kalau ada kalimat seperti ini ada ta tanis sakinah itu pasti kalimat
fiil..والفعل يعرف بقد والسين والسوف والتاء تأنيث الساكنة>>clear enough ?
(BAB HARF باب الحرف)
Definisi harf sudah di atas di sini tinggal
mengeahui tanda2 harf..harf aga mudah di ketahui dengan mengetahui hurufnya
sedikit..satu huruf contoh.ب ba huruf jar,atau dua huruf contoh لو lao..huruf
adawat sarat..atau tiga huruf..contoh الى ilaa huruf jar….
(BAB PEMBAGIAN ISIMالباب عن أنواع الأسماء)
Kalimat isim banyak jenis nya di antaranya
1..isim mufrad الأسم المفرد..isim itu nama &
mufrad tunggal/satu..definisinya..وهو ماليس مثنا ولا مجموعا ولا ملحقا بهما ولا
من الأسماء الخمسة..dia adalah kalimah yang bukan tasniyyah(menujukan dua)dan
bukan majmuk(menujukan banyak)dan bukan cabang dari yang dua itu (كلتا+كلا(
kita kila..dan bukan isim lima ..isimlima itu adalah..ابوك,اخوك,حموك,فوك,ذو
مال..sebenar nya kalau itu isim belum ada syarat adalah..اب,اخوحم,فو.ذو..contoh
isim mufrad زيد zaedun.
2.jamak taksir.جمع تكثير.definisi nya وهو ما
تغيّر عن بناء مفرده yang ber ubah dari bentuk mufrad nya contoh..أركان
arkanun..artinya sudut banyak…asal mufrad nya ركن ruknun..dan ber ubah menjadi
arkanun..ini jamak taksir ..juga jenis isim
3.jamak muanas salimجمع مؤنث سالم definisi
nya..وهو ماجمع بألف والتاء مزيدتين yang di jamak kanpakai alif dan ta kedua2
nya tambahan..contoh مسلمات muslimattin..perempuan muslim banyak..asal nya
muslim..di tambah alif dan ta di akhiran nya
4.jamak mudzakar salim جمع ذكورالسالم
..definisinya وهوماجمع بواو ونون في حالةالرفع وياء ونون في حالة النسب والجر
yang ketika rofa di tambah wawu dan nun dan ya dan nun ketika nasab dan
kasrah..contoh ..جاء زيدون..jaa jaeeduna.kami
datang jaed banyak.ini rofa..asal nya jaa
jaedun..رايت زيدين roaetu jaedina..kami melihat jaed banyak ini sedang
nasab..asal nya رايت زيدا roaetu jaedan..مررت بزيدين marortu bi
zaedina..ini kasrah..kami melewat kepada zaed banyak..asal nya مررت بزيد
marortu bizaedin
5.isim tasniyyah..المثنى definisinya..,وهومادال
على أثنيني بزيادة الف ونون في حالة الرفع وياء ونون في حالةالنصب والجر yang
menunjukan dua dan di tambah alif dan nun pada waktu rofa dan iyya dan nun pada
nasab dan kasrah..contoh جاء زيان jaa zaedani ..datang zaed dua..ini rofa asal
nya جاء زيد jaa zaedun..alias isim mufrad..رايت زيدين ro aetu
zaedaeni..saya melihat zaed dua ini nasab.asal
nya رايت زيدا roaetu zaedan..alias isim mufrad..مررت بزيدين marortu bi
zaedaeni..saya melewat ke zaed dua..ini kasrah..asal nya مررت بزيد marortu bi
zaedin..alias isim mufrad
6.isim lima الأسماء الخمسة..tidak ada definisi
..yang lima tadi itu di atas .اب,اخوحم,فو,ذو dan ini punya sarat..ya itu harus
mufrad/tunggal harus mukabar .besar jangan tasgir perkecili harus idofat.di hubungkan dengan kalimat lain..tpi
jangan ke iyya mutakalim..الأسماءالخمسة شروطها..مفردة مكبرة واضافة اضافتها
لغير ياء المتكلم
7.isim mu’tal أسم المعتل..definisi nya هو أسم
الذي كان آخره الف علي شكل الياء..adalah isim yang akhiran nya alif dalam bentuk
iyya..contoh مصطفى Mustafa..مرتقى murtaqi…isim mu’tal di bagi dua.(1)معتل مقصور
mu’tal maqsur..yang sebelum hufuf akhiran nya fathah …contoh
مصطفى Mustafa..huruf sebelum akhir ..ya’ni ف barisnya
fathah (2)معتل منقوص mu’tal manqus..yang huruf sebelum akhiran nya
kasrah..contoh..مرتقى murtaqi..huruf ق qof sebelum akhir kasrah..clear enough ?
catatan…isim mufrad:nama satu.زيد.zaedun ..satu
orang zaed,,,,jamak taksir..nama bayak dari yang banyak.رجال.rizalun..banyak
laki laki …kalau cuma satu .رجل.rojulun…jamak mu’anas salim,,perempuan banyak
huruf nya tak ada huruf ellat/mati..مسلما ت muslimaatin..kalau perempuan
satu ..مسلمة muslimatu..satu perempuan muslim…jamak mudzakar slim..nama
lakilaki banyak…زيدون zaeduna…zaed banyak…isim tasniyyah…nama menuduhkan
dua…زيدان zaed dua…isim lima…tadi sudah jelas di atas….isim mu’tal nama yang
akhiran hurufnya huruf ellat/mati…alif dalam form iyya
(BAB AL I’RAB DAN MABNIباب
الأعراب والمبني )
i’rab definisi nyaالأعراب هو تغييرأواخرالكلم
لأختلاف لعوامل الداخلة عليها لفظا او تقيرا i’rab itu berubah nya akhiran
kalimat karena beda beda yang masuk pada kalimat itu pada pengucapan
nya atau beda pada perkiraan nya..contoh..kata زيد bisa zaedun,,bisa zaedan
bisa zaedin,,pergantian ini namanya i’rab…dan i’rab /baris.itu .. ada empat..1.fathah..2..rofa’..3..kasrah..4..sukun..الأعراب
تنقسم الى أربعة الرفع والفتحة والكسرة والسكون..yang empat kita terapkan ke
poko kalimat..isim.dan.fiil..isim الأسم
bisa menerima..3 dari i’rab itu..ya itu fathah,rofa’,kasrah, dan isim tidak
bisa sukun,jadi bisa zaedan..zaedun..zaedin…sedangkan fiil الفعل bisa
menerima 3 dari i’rab itu..ya itu fathah,rofa’.dan sukun..dan fiil tidak bisa
kasrah..conto,نصر nasoro,ينصر yansuru, أنصر unsur..clear enough ?..sekarang
kita cerita mabni المبني mabni itu..الذي لم يتغير yang tak bisa ber ubah..bisa
fathah ,rofa’,,kasrah,,sukun,,jadi kalau sudah fathah ya fathah
selamanya..contoh..بها biha ..ini isim domir..mufrad muanas ..satu
perempuan..atau..به bihi..ini satu lakilaki..هم hum..banyak laki…هنbanyak
perempuan..كم kam..berapa harf istifham..pegtanyaan…YANG HARUS mabni adalah
kalimat harf..itu wajib..mabni.seperti huruf jarr yang telah di ceritakan di atas.ada juga isim yang mabni..dan isim
domir itu wajib mabni tak ber ubah..contoh..هو,هما,هم,هي,هن,أنت, انتما أنتم
,انتن,أنا ,نحن
huwa,huma,hum,hiyya,hunna,anta,antuma,antum,antunna,ana,nahnu…FIIL..fiil
madi..wajib mabni fathah..Contoh نصر nasoro..fiil amar wajib mabni sukun/mati
contoh انصر unsur..dan nanti fiil akan di ceritakan di bab al af’al باب
الأفعال ..clear enough ?… وللأسماء من الأعراب الرفع والنصب والكسرة ولاجزم
فيها..وللأفعال من ذلك الرفع والنصب والجزم ولا خفض فيها..زأمالمسمى بالمبني هو
ثبوت الكلمة على حالةواحدة..وكل حرف مستحق للبناء مثل حرف الجر وغيره أيضا بعض
الأسما يكون مبنيا مثل أسم الضمير ..هو,هما,هم,هي,هن,أنت,أنتما.أنتم,أنتن,أتا.نحن…..والفعل
أيضا فالماض مبني على الفتح ..والأمر مبني على الجزم ……CATATAN.kata
kata.dommah+rofa’=sama//fathah+nasab=sama///kasrah+hofadz=sama//jazem+sukun=sama…jelas
kan ? clear enough ?
(BAB MENGETAHUI TANDA I”RAB باب معرفة علتمة
الأعراب)
I’RAB ADA 4 (RAFA) (NASAB) (KHOFADZ) (JAZEM)
1(I’RAB. RAFA).untuk rafa’..ada
empat..tanda..1.dommah 2.alif .wawu 4.nun للرفع أربع علامات..الضمة
والألف والواو والنون..kita sekarang bahas yang nomor (1).dommah الضمة dommah
bisa jadi alamat rafa untuk ..paa empat kalimat….a…isim mufrad الأسم المفرد
contoh جاء زيد nah kata zaedun ini rafa tandanya dommah sebab isim
mufrad..2.jamak taksir جمع التكثير contoh جاء رجال ja,a rijalun nah kata
rijalun rafa’ alamat rafa nya pakai dommah sebab jamak taksir….3.jamak muanas
salim جمع مؤنث سالم contoh جائت مسلمات ja,at muslimaatun..nah kata muslimatun
rafa ..tanda nya pake dommah sebab jamak muanas salim….4.fiil mudhore yang
masih utuh..belum ada ..amil nawasib atau amil jawazim الفعل المضارع الذي لم
يدخل فيه ناصب اوجازم..conto..ينصر yansuru..nah kata yansuru rafa’ tanda nya
dommah sebab fiil mudhore mulus…clear ?
(2) alif..الألف..alif bisa jadi tanda rafa
pada isim tasniyyah الالف يكون علامة للرفع في التثنية contoh زيدان zaedani..nah
kata zaedani wlaupun di baca ni tapi ini rafa tanda nya alif sebab kalimat nya
isin tasniyyah
(3) wawu الواو wawu bisa jadi tanda pada rafa
pada kalimat ..isim lima أماالواو فتكون علامة للرفع في أسماءالخمسة وهي
أبوك,أخوك,حموك,فوك,ذومال..contoh جاء أبوك,جاءأخوك ja.,a abuka nah kata
abuka ini rafa .tanda nya rafa wawu sebab kalimat nya isim lima
(4) nun النون..nun bisa jadi tanda dalam rafa
pada jama mudzakar salim واماالنون فيكون علامة للرفع في جمع ذكورالسالم…contoh
جاء زيدون..ja,a zaeduuna..kata zaeduna ini rafa tanda nya wawu sebab kalimatnya
jamak mudzakar salim…clear enough ?
2(I’RAB. NASAB) untuk nasab ada empat tanda ya
itu..1.fathah 2.kasrah 3.alif 4. nun للنصب أربع علامات الفتحة والكسرة والالف
والنون..disini kita bahas yang pertama (1)fathah..fathah bisa jadi tanda pada
nasab di tiga tempat ..a..isim mufrad الأسم الفردcontoh رايت زيدا roaetu zaedan
nah kata zaedan nasab tanda nya pake fathah sebab kalimat nya isim
mufrad..b..jamak taksir..جمع تكثير contoh..رايت رجالا roaetu rijalan nah
rijalan ini adalah nasab dan tandanya fathah sebab kalimatnya isim jamak
taksir…fiil mudhore yang kemasukan amil nawasib..فعل مضارع الذي دخل فيها نا صب
contoh أن ينصر anyansuro..nah anyansura nasab tanda nya fathah sebab kalimatnya
fiil mudhore yang sudah di masukin amil nawasib
2.kasrahالكسرة bisa jadi tanda di nasab pada
kalimat jamak muanas salim فأماالكسرة فتكون علامة للنصب في جمع مؤنس السالم
contoh رايت مسلمات roaetu muslimaatin..nah kata muslimaatin adalah nasab
tandanya pkai kasrah sebab kalimat nya jamak mu,anas salim
3.alif .الألف.alif jadi tanda dalam nasab pada
isim lima فأماالالف فتون علامة للنصب في أسماءالخمسة contoh..رايت أباك roaetu
abaaka..nah kata abaaka adalah nasab tandanya alif sebab kalimatnya isim lima
4.nun النون nun bisa jadi tanda pada nasab di dua
kaliamah…a…isim tasniyyah المثنى contoh رايت زيدين roaetu zaedaeni kata
zaedaeni..adalah nasab tanda nya iyya sebab kalimah nya isim tasniyyah…b..jama
mudzakar salim جمع الذكورالسالم contoh رايت زيدين roaetu zaediina nah kata
zaediina adalah nasab tandanya iyya sebab kalimat nya jamak mudzakr salim
3(I’RAB HOFADZ)untuk tanda khofaz ada tiga ya itu
1.kasrak.2.fathah.3.iyya..kita bahas kasrah bisa jadi alamat pada khofadz pada
..a..isim mufrad الأسم المفرد contoh مررت بزيد marortu bizaedin nah kata
bizaedin adalah khofadz tandanya pakai kasrah sebab kalimatnya isim mufrad..
.b..jamak taksir جمع التكثير..contoh مررت برجال
marortu bi rijalin..nah kata rijalin dalah khofadz tandanya kasrah sebab
kalimat nya jamak taksir….
..c..jamak muanas salimجمع مؤنث السالم contoh
مررت بمسلمات marortu bi muslimaatin..nah kata muslimatin adalah khofadz tanda
nya pakai kasrah sebab kalimat nya jamak muanas salim
2..fathah .. الفتح fathah bisa jadi tanda pada
khofadz pada isim goer munsorif فاماالفتحة فتكون علامة للخفض في الأسم الذي لا
ينصرف..contoh مررت بأ حمد marortu bi ahmada..kata bi ahmada adalah khofadz
tandanya pakai fathah sebab kalimatnya isim goermunsorif..disini aku perlu
terangkan isim goermunsorif..definisinya..كل اسم أشبه الفعل في علتين فرعيتين
ترجع أحدا هما الى الفظ والآخرى الى المعنى او علّة واحدة تقوم مقام
العلتين..semua isim yang menyerupai fiil dalam punya ..alasan dua..yang alasan
itu satu kembali ke bentuk nya /form..yang ke dua kembali ke ma’na nya ..atau
isim punya alasan satu tapi menempatia alasan dua…rincian nanti di bawah..مزيد
من التفاصيل حول الأسم الذي لا ينصرف لاحقفا
(1) iyya..الياء..iyya bisa jadi tanda pada
khofadz pada tiga kalimat..a..tasniyyah..التثنية contoh مررت بزيدين marortu bi
zaedaeni..kata zaedaeni adalah khofadz tandanya iyya karena kalimat nya isim
tasniyyah…b…isim limaالأسماءالخمسة contoh مررت بأ بيك marortu biabika akat
biabika adalah khofadz tanda nya iyya sebab kalimat nya isim lima…c…jamak
mudzakar salim جمع مذكرالسالم..contoh مررت بزيدين marortu bizaediina..kata
bizaediina adalah khofadz tandanya iyya sebab kalimatnya jamak mudzakar
salim..clear enough ?..cukup jelas?..,فأما الياء فتكون علامة للخفض في ثلاث
مواضع في االتثنية وفي الأسماءالخمسة وجمع الذكورالسالم..واضح بما يكفي ؟
(BAB ISIM GOER MUNSORIF الأسم الذي لا ينصرف)
Definisinya وهو كل أسم أشبه الفعل في علتين
فرعيتين ترجع أحداهما الى الفظ والآخرى الى المعنى او علّة واحدة تقوم مقام
العلتين…yaitu semua isim yang menyerupai fiil dalam mempunyai elat..alasan
dua..yang cabang dua2nya satu kembli ke bentuk nya yang satu kembali ke ma’na nya.atau punya alasan satu tapi mendiami alasan
dua..perlu aku jelaskan..fiil dulu..bagai mana fiil punya alasan dua ?fiil itu
menurut ulama basroh irak bukan kalimat asal..kalimat asal itu adalah
masdar..jadi fiil perlu alasan asal mustaq ini satu(1)alasan yang kembali
ke bentuk /form..istiqoq)الفعل عند البصريين ليس أصل الكلكة بل الأصل هو المصدر
توكي (نصرا) وليس (ينصر) لذلك فالفعل مستق من صيغة المصدر هذه ,واحد من العلة
الفعل الذي يرجع الي الفظ…yang kedua ..fiil itu tidak bisa sempurna artinya
kecuali kalau ada fa’il..conto..قام berdiri..kata qoma ..tidak sempurna kecuali
ada zaedun jadi قام زيد..berdiri zaed itu…subject harus ada object..jadi fiil
itu perlu fail untuk menyempurnakan kalimat..namanya iftiqor>>ini alasan
kedua.2. yang kembali ke ma’na..الفعل يحتاج الى الفاعل لأنه لن تكمل الكلمه الفعل
الا بالفاعل..مثل لفظ ..قام..لن يفهم الا بوجودالفاعل ظهيرا كان او مستتيرا..نحو
قام زيد..لذلك فالفعل تفتقرّ للفاعل وهذه الأفتقار علّة ثانيةللفعل التي تعود الى
المعنى….clear enough ?..sekarang isim goermunsorif seperti itu prosesnya cuma
alasan nya gak sama dia punya alasan dua satu kembali ke bentuk lafadz dua
kembali ke ma’na .oleh sebab mirip piil maka dia tidak bisa nerima
tasrif/tanwin karena fiil juga gak bisa terima tanwin..gak boleh di baca ahmadan.no way..lagi pula karena mirip fiil dan
fiil tak bisa nerima kasrah..maka isim semacam ini waktu kasrah nya pake
fathah..conto مررت بأ حمد marortu biahmada..gak bisa biahmadi walaufun ada
huruf jar no way…فالأسم الذي لا ينصرف شابه للفعل لديه علّتا ن أحداهما يعود للفظ
والآخر يعود للمعنى..مثل أحمد..الأولى أنه موزون بوزن أفعل (وزن الفعل) هذه علّة
الأسم الذي يعود الى الفظ…والثاني..أحمد أسم للعالم..بمعنى أنّه عالميه وهذه علّة
أخرى الذي يعود الى المعنى لذالك ولتشابهه للفعل فهذالنوع من الأسم لاينصرف لأن
الفعل لايقبل التصريف ولهذالسبب علامةالخض مثل النوع من الأسم بالفتح لأنه يشبه
الفعل فالعل لا يقبل الكسرة..نحو مررت بأ حمد بالفتح الدال…واضح بما يكفي ؟clear
enough ?…dalam isim goermunsorif terbagi 3..(1 alamiyah عالمية ) (2 wasfiyyah
وصفية) (adal عدل)
1..Dari alamiyah..alamiyah +wazan fiil..ahmada
عالمية+الفعل= أحمد..marortu biahmada
alamiyyah+bahasa ajam=ibrohimaعالمية
+اللغةالعجم+ابراهيم marortu biibrohima
alamiyyah+ta tanis..makkata
,arfata.fatimata..عالمية+تاءتانيث=مكة,عرفة,فاطمة dahabtu ila makkata..waqoftu
biarfata..
2..dari wasfiyyah..sifat..warna..وصفية
wasfiyyah +wazan
fiil=aswada..وصفية+وزنالفعل+أسود…marortu bi aswada..dan sebagai nya الى آخره
3.adal/pindah bentuk..عدول اي تحول..disini ada
segat muntahaljumu..contoh nawasiro..banyak sekali yang menolong..pindah dari
nussor banyak ke nawasiro banyak sekali..صيغة منتهى الجموع..مثل نواصر تحول من
النصار الى نواصر…marortu binawasiro..مررت بنواصر..clear enough ?هذه لمحة سريعة
عن الأسم الذي لا ينصرف
(FASAL فصل)
yang suka di pasang i”rab ada
dua..1..harkat 2 Huruf هلمعربات قسمان قسم بالحركة وقسم بالحروف فالحركة هو الضمة
والفتح والكسرة والسكون..harkat itu adalah dommah,fathah,kasroh,sukun di sini di
bagi yang suka pake harkat iyalah kalimat الذي يعرب بالحركة هوا..الأسم المفرد
وجمع التكثير وجمع مؤنث السالم والفعل المضار..isim mufrad jamak taksir jamak
muanas salim fiil mudhore
ada juga yang suka pakai huruf..seperti pakai
alif atau wawu…yang suka pakai ini adalah..isimtasniyyah,jama mudzakar
salim,isimlima dansebagian dari fiil lima…fiil lima itu
adalah..يفعلان,تفعلان,يفعلون,تفعلون,تفعلين>>yafalani,tafalani,yafaluna tafaluana,tafalina…
ada juga yang tandanya pakai buang huruf
akhir..seperti fiil lima wktu nasob..conto ,ان يفعلا ,anyafalaa..dsb..بعض
الكلمة يكون علامة أعرابه بخذف الحرف الآخر مثل أفعال الخمسةةفي حالةالتثنية
عندالنصب…نحو أن يفعلا..clear ?
(BAB I’RAB ISIM MU’TAL أعراب الأسم
المعتل)
isim mutal adalah yang di ceritakan diatas
..dibagi dua 1. maqsur dua mamdud..isim maqsur i’rabnya semuanya di
perkirakan pada dommah ,nasab dan kasroh..contoh جاءالفتى,رايت الفتى ,مررت
بالفتى..jaa alfata ,roaetu alfata <marortu bilfata..الأسم المقصورجميع أعربه
مقدّر
2.isim manqus i’rab nya waktu rafa dan kasrah..di
kirakirakan dan waktu nasab di jelaskan contoh ….جاءالمرتقى,رايت
المرتقي,مررت بالمرتقى>>ja,a murtaqi,,roaetulmurtaqiyya,,marortu
bilmurtaqi..الأسم المنقصوص أعرابه مقدر في حالة الرفع والجر وظاهر علىالفتح في
حالةانصب…clear enough ? jelas ? هل هذا واضح ؟..bereslah kita bahas isim sekarng
pindah bahas fiil
(BABUL AL AF’AL باب الأفعال)
Disini kami akan menceritakan Fiil..masih
ingat kan definisi fiil pada awal tulisan di atas..yaitu suatu kalimat yang
menunjukan dirinya sendiri dengan diiringi waktau(time) seperti ضرب doroba
,telah memukul/ waktu nya udah selesai…atau يضرب yadribu ,sedang
memukul,waktunya masih berjalan sekarang…nah fiil ini di bagi tiga…
(1) fiil madi فعل ماضي definisinya..وهو مادال على
حدث مضى وأنقضى…suatu kalimat kerja yang menujukan kerjaan
selesai/lewat..contoh..نصر..nasoro,sudh menolong..kata sudah kan ber arti udah
beres…nah fiil madi seperti ini harkatnya/mabni fatah selamanya..(fathah)
nasoro,fataha,alima,doroba فالماضي مفتوح الأخر أبدأ
(2)fiil amar فعل الأمر ..definisinya..,وهومادال
على صيغة أمر والطلب suatu kalimat yang menunjukan perintah dan
permintaan..contoh أنصر unsur,kamu harus menolong, nah harkatnya kalimat fiil
seperti ini jazen/sukun…unsur.iftah.idrib.idzhab
فأ مرمجزوم أبدا
(3) fiil mudhore فعل مضاري definisinya ,وههو
مادال على حدث يقبل الحال والأستقبال suatu kalimat yang menujukan kejadian bisa
sekarang bisa di masadepan contoh يضرب yadribu..sedang memukul..yaftahu..sedang
membuka..ini sekarang …سيضرب sayadribu..akan memukul..sayaftahu..akan
memuka..nah ini di waktu akan datang..harkatnya fiil seperti ini selamanya
rofa../dommah..kecuali kalau kemasuka amil nawasib dan amil jawazim فالمضارع
مرفوع أبدا حتى يدخل عليه ناصب او جازم ..contoh yang kemasukanamil nawasib..أن
ينصر anyansuro..asal nya yansuru terus masuk AN jadi anyansuro..tadinya rofa
jadi nasab..contoh yang ke masukan amil jawazim..لم ينصر Lamyansur…asalnya
yansuru..terus di masukan LAM jadi Lamyansur..asal rofa jadi sukun…..clear
enough ? jelas ? واضح بمايكفي ؟
Sesdah itu ini terusan cerita fiil mudore apa
amil nawasib itu ? dan apa amil jawazim itu ?…baiklah ..(1) .yang namanya
amil nawasib النواصب itu sebuah group dari harf yang suka masuk fiil
mudhore dan merubah harkat nya menjadi nasab..jumlah nya lumayan bayak
…diantaranya..أن , للن ,أذا ,كي ,لام كي ,لام جهود…an , lan , idan , kae .
lamkae , lam juhud, Contoh..أن ينصر anyansuro لن ينصر Lanyansuro..كي ينصر
..kaeyansuro..atau lam kae pakai lam didepan nya لكي تنصر likaeyansuro..untuk
lam juhud ada definisinya..contoh ماكان لينصر atau لم يكن لينصر..makana
liyansuro,Lamyakun liyansuro..semuanya ber asal dari yansuru..definisi lam
juhud..أن يسبقها كان المنفية بما او يكن المنفية بالم..huruf Lam yang didahului
kata makana..atau didahului Lamyakun..kalau fiil mudhore kemasukan huruf yang
diatas ini maka harkatnya harus ganti jadi nasab
(2) Amil jawazim.الجوازم.adalah group dari huruf
yang suka masuk fiil mudhore..dan merubah harkatnya menjadi jazem/sukun..contoh
لم ينصر..Lamyansur..diantara amil jawazim adalah لم ,لما ,لام أمر ..Lam , Lamma
,Lam amar ,,contoh..Lamyansur..tak menolong..لما ينصر.Lamma yansur..لينصر
Liyansur…semuanya sukun asalnya semua itu yansuru..clear enough ? واضح ؟
(BAB AL MARFU’AT باب المرفوعات)
Dalam bab ini adalah terusan dri i’rab yang empat
telah kami ceritakan di atas dan di antara yang empat itu adalah i’rab rofa
الرفع berapakah yang harus rofa itu ? dalam hal ini ada tujuh 7 bab..yang baris
nya harus rafa
1.Fa’il.اافاعل.
2.Naibulfail..نائب الفاعل.
3.Mubtada..المبتد
4.Khobar..الخبر
5.Isim kana..أسم كان..
6.Khobar inna..خبر أنّ..
7.Attawabe’..التوابع
nah sekarang mari kita jelaskan satu persatu.
(1) Fa’il..definisinya وهو الأسم المرفوع المذكور
قبله فعله..isim yang harkatnya rofa’ dan sebelumnya di ceritakan fiil
nya/kerjaannya…contoh zaedun dalam kata ضرب زيد..doroba zaedun..nah kata zaedun
adalah fail harkatnya harus rafa dan sebelum nya ada fiil kata kerja yaitu
doroba /memukul…Fa’il ini di bagi dua..(A) Fail isim dohir..أسم ظاهر/jelas
..dengan kata..seperti contoh di atas tadi..(B) Fa’il isim domir..الأسم
ضمير..yaitu fail..yang mengerjakan nya tersembunyi..contoh
ضربه..dorobahu..artinya sudah zaed sudah memukul orang itu..yang ada di
sini ..fiil dan maf’ul doroba dan hu..sedangkan zaed tersembunyi…jumlafail isim
domir 14
ضرب..ضربا..ضربو..ضربت..ضربتا…ضربن..ضربت..ضربتما..ضربتم..ضربت..ضربتما..ضربتن..ضربت..ضربنا..doroba..dorobaa..dorobuu..dorobat…dorobata..dorobna..dorobta..dorobtuma..dorobtum..dorobti..dorobtuma..dorobtunna..dorobtu..dorobna..
apa isim domir itu..definisinya adalah..وهو مادال
على متكلم او مخاطب او غائب..adalah huruf yang menuduhkan pada
mutakalim/pembicara atau mukhotob..yang di ajak bicara /ada didepankita atau
gaib..yang tidak ada di depan kita…contoh..mutakalim..انا..نحن..ana/sayah..kata
sayah adalah ganti dari kata nama orang yang bicara..nahnu..kita
semua/kami..kata nahnu adalah ganti dari nama orang banyak misalnya umsr zaed
saad ahamad..mereka tidak nyebut nama tapi pakai kita semua ..itu adomir
matakalim..dan juga ada mutakalim wahdah ..ANA..ada muatkalim maal
goer..NAHNU…….contoh domir mukhotob..أنت أنتما أنتم..anta antuma
antum..anta..kamu..antuma kamu berdua..antum kalian..ini mukhotob artinya kita
bicara pada orang yang ada di depan kita…conto go,ib..هو هما هم هي
هن..huwa..dia lakilaki sendiri tak ada depan kita..huma lakilaki duwa…hum
mereka..hiyya..perempuan sendiri..hunna..perempuan banyak…ISIM DOMIR di bagi
dua..1..Muttasil..متصل ..dan 2..munfasil منفصل..yang muttasil bagai mana
definisinya وهو ما لا يبتدأبه ولا يلي بعد الا في الأختيار..yang tak bisa di
bikin awalan kalimat dan tidak bisa diam sesudah kata
illa..contoh..ضربت..dorobtu…gak boleh di baca tu dorob..domir semacam ini ada
14..yaitu..ه,هما,هم,ها,هما,هن,ك,كما,كم,ك,كما,كن,ني,نا..hu,huma,mum,ha,humma,hunna,ka,kuma,kum,ki,kuma,kunna,ni,na,..bagian
kedua dari domir adalah ISIM DOMIR..munfasil..definisinya..وهو الذي قد يبتدأبه
وقد يلي بعد الا في الأختيا ..adalah yang kadang jadi awalan kalimat..dan bolek
diam sesudah kata illa..contoh نصر هو nasoro huwa..sudah menolong dia..bisa هو يقومhuwa
yaqumu dia berdiri…yang jenis ini ada 14 ya
itu..هو,هما,هم,هي,هما,هن,أنت,أنتما,انتم,انت,انتما,انتن,انا,نحن…huwa,huma,hum,hiyya,huma,hunna,anta,antuma,antum,anti,antuma,antunna,ana,nahnu……CATATAN…kata
huma sama lakilaki dan permpuan..antuma lakilaki dan perempuan juga sama
tulisan dan ucapan membedakan nya adalah pake siyaqul kalam..سياق
الكلام…jurusan percakapan kalau sedang meneritaka lakilaki huma dan antuma
lakilaki juga kalau menceritakan perem puan huma dan antuma perempuan..jelas
kan ?…clear ?
(BAB NAI’BUL FA’IL باب نائب الفاعل)
(2) Dari marfua’t adalah naibul fa’l atau yang di
namakan almafululadzi lam yusamma fai’luhu..orang yang mengerjakan nya tidak di
ceritakan ،نا ئب الفاعل او ما يسمى المفعول الذي لم يسمى فاعله…ini sebenarnya
maf,ul yang barisnya harus nasab dikarenakan dia menggantikan fa’il maka i’rab
dia/harkat dia harus rofa mengikuti i’rabnya fa’il..contoh..ضرب زيد…duriba
zaedun…asal nya…ضرب عمر زيدا..doroba amrun jaedan.. umar memukul zaed..buang
fa’il kata amrun masuakan kata zaedan di tempatnya dan rubah i’robnya
/harkatnya..jadi duriba zaedun..artiya zaed sudah di pukul..dan umar tidak di
ceritakan lagih..ada atura khusus dalam bab ini ya itu fiil nya/kata
kerjanya…kalaulah itu dari fiil madi maka..ضم اوله وكسر ما قبل الأخر…di
dommah kan awalan huruf dan di kasrohkan huruf sebelum
akhir…contoh..ضرب..duriba..asalnya doroba…jadi ضرب زيد..duriba zaedun…dan kalau
fiil nya dari fiil mudhore maka..ضم اوله وفتح ما قبل الأخر..dommah kan awal
huruf dan fathah kan huruf sebelum akhir …contoh..يضرب زيد..yudrobu
zaedun..aslal fiil yadribu..jadi yudrubu…yudrobu zaedun…asalny yadribu amrun
zaedan..terus buang amrun tetapkan zaedan pada tempatnya dan harkatnya seperti
amrun..jadi..yudrobu zaedun…zaed sedang di pukul…DAN naibul fa’il di bagi dua ..persist
seperti fa’il..(1) isim dohir..seperti contoh tadi..(2) isim
domir..contoh..ضربت..أ..duribtu..asal nya doroba amrun ana..umar mukul
sayah..buang umar..masukan ana..dan ana ini di gantikan ke domir muttasil jadi
tu…jadinya duribtu..dan jenis ini ada 14 seperti
fa’il..ضرب..ضربا..ضربو..ضربت..ضربتا..ضربن…ضربت..ضربتما..ضربتم..ضربت..ضربتما..ضربتن..ضربت..ضربنا..duriba
..duribaa..duribuu..duribat..duribata..duribna..duribta..duribtuma…duribtum..duribti..duribtuma..duribtunna..duribtu..duribna…dan
dari fiil mudhore nya juga
14..يضرب..يضربان..يضربون..تضرب..تضربان..يضربن..تضرب…تضربان..تضربون..تضربين..تضربان..تضربن..اضرب..نضرب..yudrobu..yudrobaani..yudrobuuna..tudrobu…tudrobaani..yudrobna..tudrobu..tudrobaani..tudrobuuna..tudrobiina..tudrobaani
tudrobna..udrobu..nudrobu.. jelas kan ? clear ?
(BAB MUBTADA & KHOBAR باب المبتدا
والخبر)
Mubtada itu adalah..وهو الأسم المرفوع العاري عن
العوامل الفظية ..isim yang harkatnya rofa’ dan tak ada amil/perintah yang
berbentuk lafadz…dan apa itu KHOBAR..khobar itu adalah وهو اسم امرفوع
المسنداليه..adalah isim yang harkatnya rofa’ dang di sandarkan ke mubtada
contoh..زيدقائم..zaed itu berdiri..dan sepertinya mubtada dan khobar adlah
sesuatu yang tak bisa di pisahkan karena satu memerlukan sama yang
lain..kalimat tidak akan sempurna kalau tidak kumplit(subject&object) kita
kalau bicara zaedun aja ..orang bertanya ..apa..bagaimana zaed itu..dan kalau
kita bicara..qo,imun aja ..orang akan bertanya siapa yang qoimun itu/berdiri
itu ? jadi harus kumplit زيدقائم zaed berdiri
Mubtada..di bagi dua..1..mubtadaisim dohir..مبتد
اسم الظاهر..contoh yang tadi itu kata zaedun nya..2..mubtada
isim domir..contoh..هو قائم huwa qo,imun..zaed itu berdiri..kata huwa
adalah mubtada isim domir..jumlah nya ada 14..yaitu..هو,,هما,,هم,,هي,,هما,,هن,,أنت,,أنتما,,انتم,,أنت,,أنتما,,أنتن,,أنا,,نحن..huwa
huma,,hum,,hiya,,huma,,hunna,,anta,,antuma,,antum,,anti,,antuma,,
antunna,,ana,,nahnu
Sekarang KHOBAR..khobar itu di bagi dua juga (1)
khobar mufrad الخبرالمفرد..yaitu khobar yang terdiri dari satu kalimat contoh
yang tadiزيد قائم zaedun qo.imun..kata
qo,imun adalah khobar mufrad sebab terdiri dari satu kalimat…(2) khobar
jumlah..الخبرالجملة..yaitu khobar yang terdiri dari kalimat jumlah..disini ada
empat..(A) dorof&madruf الظرف والمظروف..atau wadah,tempat..contoh..زيد
عندك..zaedun indaka..zaed ada di kamu..nah kata indaka عندك ..adalah khobar
jumlah..terdiri dari dorof=inda&madruf isim domir=ka..(B) Jar& majrur
الجر والمجرور..yang terdiri dari huruf jar& majrur kalimat yang di ikuti
khuruf jar itu..contoh..زيد في الدار..zaedun fiddari..zaed di rumah..kata
fiddari adalah khobar jumlah sebab terdiri dari huruf jar=fi & majrur =
addari..(C) fiil&fail..yang terdiri dari fiil & fa’il.الفعل
والفاعل.contoh زيد قام أبوه zaedun qoma’ abuhu zaed berdiri bapanya
zaed..nah kata qoma’ abuhu adalah khobar jumalh sebab terdiri dari fiil=qoma’
& fa’il + abuhu…(D) terdiri dari mubta dan khobar .المبتد
والخبر..contoh..زيد جاريته ذاهبة..zaedun jariyyatuhu dzahibatun..zaed
pelayannya itu pergi..kata jariyyatuhu dzahibatun adalah khobar jumlah sebab
terdiri dari mubtada =jariyyatuhu & khobar=dzahibatun…clear ?
(BABU YANG SUKA MERUBAH MUBTADA DAN KHOBAR..باب
العوامل الداخلة على المبتد والخبر)
Bab ini mengatur sesuatu yang suka merubah
kondisi mubtada dan khobar..disini di bagi tiga..1.kana dan sudara sudaranya
كان وأخوتها ..dan 2..inna dan saudara saudara nya..أنّ وأخوتها..dan..3. donna
dan saudara saudara nya..
(1) kana dan saudara saudaranya..aksinya..ترفع
الأسم وتنصب الخبر meng rofakan isimnya(mubtadanya) dan me nasabkan khobar
nya…contoh كان زيدقائما kana zaedun qoiman..asalnya زيدقائم zaedun qoimun
terus masuk lafad kana jadi rubah khobarnya nasab jadi kana zaedun
qoiman..saudaranya adalah..كان,,ظل,,بات,,اضحى,,أصبح,,أمس,,صار,,ليس,ما
زال,,مابرح,مافتئ,,ماأنفك,مادام,kana,,dolla,,bata,,adha,,asbaha,,amsa,soro,,laesa,,mazala,,mabariha,,mafati,a,,mainfakka,,madama..dan
tasrifan nya dari semua ini..tasrifan dari kana..كان,,يكون,,كائن ,كن,,لا تكن
kana,,yakunu,,kai,nun,,kun ,,latkun..contoh dari tasrif kana,,يكون
زيد قويا yakunu qowiyyan..asalnya zaedun qowiyyun ..masuk yakunu robah
khobarnya jadi kowiyyan…dan teman nya kana juga sama tasrif seperti itu…
(2) INNA dan sudara nya أنّ وأخوتها..aksiny
adalah sebaliknya kana تنصب الأسم وترفع الخبر..menasabkan isimnya(mubtada) dan
merofakan khobar nya ..contoh..أنّ زيدا قائم..inna zaedan qooimun..asalnya
zaedun qooimun terus masuk inna jadi rubah mubtadanya jadinya inna zaedan
qooimun..saudara saudaranya adalah ,,أنّ,,أنّ لكنّ,,كأنّ
ليت,,لعل..inna..annan..lakinna..kaanna,,laeta,,laala..contoh..لكن الأمر
سهل..lakinna alamro sahlun..tapinya urusannya enteng..asalnya..al amru sahlun
..masuk lakinna jadi lakinna alamro sahlun
(3) DONNA dan sudaranya….ظن و أخوتها..group ini
sebenarnya bukan isim marfuat..melainkan amil nawasih ..sesuatu yang suka
menyalin harkat mubtada dan khobar..yang aksinya..تنصب المبتدا
والخبر..menasabkan mubtada dan khobar ..contoh..ظننت زيدا منطلقا ..donantu
zaedan muntoligon..asal nya زيد منطلق zaedun muntoliqun masuk lah kata donantu
jadi donantu zaedan muntoliqon..rubahlah harkat kalimat maubtada dan
khobar..group ini ada beberapa kata ya itu..ظننت ,حسبت ,حلت, رايت,donnantu ,
hasibtu ,hiltu, roaetu ,,dan sebagainya..kenapa mubtadu dan khobar di ubah
menjadi nasab ? karena dua kalimat itu menjadi maful dua2nya dari donnantu yang
menjadi fi’il dan fa’il kata donna adalah fii’l dan kata tu adalah
fa’il…karena mubtada dan khobar jadi maf’ul maka harkatnya nasab karena maful
isim mansubat..donna..dalam arti..menyangka/prasangka dan juga di artikan
meyakinkan..contoh donantu zaedan muntolikon…aku sangka bahwa zaed
berangkat…jelas kan ?
(BAB ATTAWABE’الباب التوابع )
Dari isim marfu’at المرفوعة yang suka rafa
harkatnya adalah tawabe’التوابع artinya pengikut..ikut ikutan ..pada harkat
sebelumnya..attawabe’ ada empat 4 jenis…A..نعت..NA’AT…B..عطف..ATAF..C..توكيد..TAOKID…D…بدل…BADAL..يتبع
في الأعراب الأسماءالأول # نعت وعطف وتوكيد ودل…
(A) Na’at..النعت..artinya sipat/sipatan sesuatu
na’at itu adalah..وهو الأسم المتبوع لمنعوته adalah isim yang harkatnya di ikut
kan ke yang di sipatinya..contoh..جاء زيد العاقل..jaa zaedun al aaqilu..datang
zaed yang ber akal..kata yang berakal adalah sipat dari zaed..kalo ada orang
bertanya zaed yang mana oooh zaed yang berakal..bukan yang gila..umpamanya ada
zaed 2 orang satu berakal satu gila..nah kata sipat itu ..(AL AAQILU) di
samakan dengan harkat zaedun..karena zaedun rofa maka al aqilu juga
rofa’..kalao yang diikutinya nasab maka ikut nasab..contoh..رايت زيدا
العاقل..roaetu zaedan al aaqila…مررت بزيد العاقل..marorrtu bizaedin al
aaqili…OK..clear ?
(B) ATAF..العطف..diantara tawabe’ juga
al ataf artinya disambungkan ke kalimat sebelum nya pakai huruf
khusus(hiruf ataf)
diantaranya..واو.,ثم..الفاء..لكن..حتى..أم..او..بل..wawu..tsumma..fa..lakin..hatta..am..ao..bal..contoh
جاء زيد وعمر jaa zaedun wa amrun..datang zaed dan amr..kata amrun adalah ataf
..di hubungkan ke kata zaed fakai wawu nah yang di hubungkan begini harkatnya
harus di ikutkan ke ma’tufnya/yang depan..رايت زيدا وعمرا..roaetu zaedan wa
amron..مررت بزيد وعمر..marorrtu bizaedin wa amrin..جاء زيد او عمر..jaa zaedun
ao amrun..datang zaed atau amr..اكلت السمكة حتى راسها..akaltu assamakata hatta
rosaha..saya makan ikan sampai kepalanya..ataf ada dua jenis..1 ataf
nasaq..2..atab bayan..yang kami jelas kan di atas adalah ataf nasaq..ataf bayan
yang tidak pakai huruf penyambung contoh..ابو حفص عمر..abu hafsin umaru..bapa
hafs umar..kata umaru di ataf kan ke kata abu /isim lima rafa maka
brisnya/harkatnya rafa jadi umaru..mirip sipar tapi bukan sipat..واضح ؟..jelas
? clear ?
(C) ATTAOKID التوكيد..taokid artinya memperkuat
hukum…disini di lengkapi dengan beberapa kalimat
taokid..diantaranya..نفس..عين..كل..أجمع..nafsu..aenu..kullu..ajmau..contoh…جاء
زيد نفسه..jaa zaedun nafsuhu..datang zaed dirinya dia..kata nafsuhu..harkat nya
di samakan dengan zaedun karena taokid..memperkuat bahwa yang datang itu
dirinya sendiri..bukan assisten nya رايت القوم كلهم roaetu alqaoma
kullahum..saya melihat ummat/kaom semuanya..مررت بالقوم أجمعين marortu bil
qaomi ajmaiina..saya melewati kaom semuanya…TAOKID ada dua ..1..Lafdi/kata…2..manawi/arti…yang
kami jelaskan dia atas taokid manawi /arti hukum…dan taokid lafdi adalah
memperkuat kalimat dengan mengulanginya..contoh..اذهب اذهب…idzhab
idzhab..pergi pergi…nah kata berulang2 ini adalah taokid lafdi memperkuat kata
dengan menyebut kembali kata itu….clear ? jelas ?
(D) AL BADAL البدل…badal artinya
ganti..artinya adalah yang ikut ke isim pertama yang dimaksud hukum tampa
ada pelantara huruf..هو التابع المقصود بالحكم بلا واسطة..contoh..جاء زيد
أخوك..jaa zaedun ahuka..datang zaed saudaramu..kata ahuka adalah badal /ganti
/tegasnya..dari kata zaedun jadi yang di maksud zaedun itu saudaramu…harkatnya
ahuka samakan dengan zaedun karena zaedun rafa maka ahika rafa..tandanya pakai
wawu karna kalimatnya isim lima..dadal di bagi empat …1..بدل الشي من
الشي..badal syae min syae..sesuatu dari sesuatu itu..contoh جاء زيد أخوك jaa
zaedun ahuka..datang zaed saudara mau..kata ahuka saudarmu itu adalah kumplit
zaed tak kurang tak lebih..2..badal ba’di minal kul بدا بعض من الكل…ya itu
sebagian dari sesuatu…contoh اكلت الرغيف نصفه..akaltu arrogifa nisfahu..saya
makan roti setengahnya..kata nisfa badal dari arrogifa maka barisnya di
ikutkan..dan kata nisfahu/setengahnya adalah bagian dari roti yang
satu…3..badal isti’mal..بدل أستعمال…Badal istimal adalah mengganti kata tujuan
awal dengan tujuan yang kedua dengan secara sengaja ..contoh خذ ثوبا سكينا hudz
tsaoban sikkinan…ambil baju eh pisau…nah kata sikkinan di ikutkan harkatnya
kepada kata tsaoban..di sini semua nasob/nasab…4…Badal golat. بدل غلط ..artinya
ganti kesalahan …Badal golat ialah pengganti kata tujuan awal dengan kata
tujuan kedua dengan murni karena kata yang awal itu kesalahan ini persis
seperti badal isti’mal tadi bedanya ini jelas tidak di sengaja alias
kesalahan..contoh yang tadi di badal isti’mal.
FASAL ISIM MANSUBAT isim yang harkatnya
nasob/nasab أسماء المنصوبات
Disini akan di ceritakan tentang isim yang
harkatnya harus nasab/fathah dalam fasal ini ada beberapa bab jumlahnya
tidak kurang dari 15 bab tapi sebenarnya sebagian bab yang lima belas itu sudah
di bahas di isim marfu’at. nanti kita jelaskan lagi secara singkat mari
kita mulai ..Rincian dan urutanya adalah
1. Maf’ulbih.. مفعول به
2. Masdar مصدر
3.Dorof Jaman ظرف الزمان
4.Dorof makan ظرف مكان
5.Al hal الحال
6.Tamyiz التميييز
7.Istisna الأستثناء
8.Isim La الأسم لا
9.Munada منادى
10.Maf’ul min ajlih مفعول من أجله
11.Maf’ul maah مفعول معه
12.Khobar kana خبر كان
13.Isim inna اسم انّ
14.Maf’ul donna مفعول ظن
15. Tawabee..التوابع …naat نعت…ataf..عطف
…Taokid.التوكيد…Badal..البدل
ya…mari kita mulai nomer 1 Maf’ul bih apa
mafulbih itu ? maf’ulbih itu adalah suatu ising yang harkatnya selalu nasob
yang menjadi sasaran kata kerja المفعول به هو الأسم المنصوب الذي يقع به الفعل
contoh ضرب زيد عمرا doroba zaedun amron..coba perhatikan artinya doroba ..memukul..ini
kata kerja(fiil) zaedun..orang nama zaed..yang punya
kerjaan..fail..amron..kepada umar..ini maf’ulbih..dimana pukulan zaed bersarang
di umar..neh harkatnya umar harus nasab di baca amron عمرا..lanjut maf’ulbih di
bagi dua formatnya seperti di bab fa’il
1.maf’lbih isim dzohir 2. maf’ulbih isim
domir…apa sih isim dzohir ? adalah suatu kalimat isim nama yang di sebutkan
dengan jelas. contohnya zaed, umar, bakar dsb ما يقال بصريح العبارة ..dan
contohnya yang tadi di atas
dan bagaimana maf’ulbih isim dzomir ? مفعول به
اسم ضمير ..sebelum menerangkan ini kita beri penjelasan tentang isim dzomir
..sebenarnya sih sudah jelas di atas mengenai isim domir..tapi ok…isim domir
iyalah satu nama yang memakai kata ganti..orang yang tidak ada di depan kita
..atau si pembicara..atau orang yang ada di depan kita ..ringakasnya
..dia..kamu..saya..mereka..nah ini kata ganti dari agus umpamanya . ketika agus
gak ada di depan kita..kita katakan dia ..dzomir ada 14 tapi ada yang sama
formatnya antara wanita dua orang & laki laki dua orang pada
mukhotob (ada di depan kita) kalian berdua ..dan gai,b yang tidak ada di depan
kita ..dia berdua ..jadi sepertinya 12 aja rincian nya
ketika nasab ,, ah saya kataka ketika nasab sebab
domir agak sulit membedakan nasab, karrah dan dommahnya …formatnya sama karena
domir itu mabni (tetap pada satu format gak berubah) dan juga di bagi 3
golongan ..Gaig غائب gak ada di hadapan kita …Mukhotob..مخاطب..ada di hadapan
kita…Mutakalim متكلم…si pembicara
ه hu…..
dia lakilaki 1 orang (gak ada di depan kita ) namanya gaib(غائب)
هما huma dia
lakilaki 2 orang
هم..hum
mereka laki2 lebih dari 3 orang
ها..ha dia perempuan sendiri
هما..huma dia perempuan berdua
هن..hunna….mereka perempuan banyak..lebih dari 3
orang…ini semua gaib
ك ..ka….kamu lakilaki satu….ada di depan ini
mukotob مخاطب.
كما ..kuma….kamu lakilaki berdua
كم kum…kamu lakilaki banyak lebih dari 3 orang
ك ..ki ..kamu perempuan satu
كما..kamu peremouan dua
كن..kunna …kalian perempuan banyak…ini group
mukhotob
ني…ni….saya ..ini mutakalim.si
pembicara sendiri متكلم..mutakalim wahdah
نا..na…kita..si pembicara dan temanya متكلم مع
الغير..mutakalim maalgoer
insyaallah domir saya jelaskan lebih detail nanti
..ada fasal khusus.
sesudah ini kita cek bagaimana maf’ulbih isim domir
..yang kata kerja itu bersarang di kata ganti yang tadi contoh ضربك
dorobaka…takdirnya zaedun dorobaka…zaed mukul kamu …umpanya nama kamu umar
…daripada mengatakan zaed mukul umar ..kita katakan zaed mukul kamu…atau contoh
lagi ضربهما doroba huma …zaed memukul dia berdua(umar dan bakar) sekian
maf’ulbih mudah2an jelas bisa di mengerti.
BAB MASDAR اليلب المصدر
Masdar dalam arti kata adalah sumber. dan
definisinya dalam ilmu nahwu adalah suatu isim yang harkatnya nasab
yang biasa datang pada urutan ketiga dari tasrifan atau susunan fiil
المصدر هو الأسم المنصوب الذي يجيئ ثالثا في تصريف الفعل ..kalau anda
sudah punya wawasan tentang tasrifan fiil maka anda kan tahu apa nomer tiga
dari tasrifan itu ..contoh tasrifan fiil
نصر
ينصر
نصرا
ناصر
منصور
انصر
لاتنصر
منصر
منصر
منصر
lihat nomer tiga kata nasron نصرا yang artinya
dengan menolong sebenarnya…..contoh ضربته ضربا..dorobtuhu dorban…saya memukul
dia dengan pukulan sebenarnya….dorban adalah masdar kalimatnya isim dan
termasuk isim mansubat..isim yang harkatnya nasab.
BAB DZORF الظرف
Dorf artinya adalah wadah dan juga di artikan
amplop atau keadaan juga dikatakan dorf…tapi apa menurut ilmu nahwu ? adalah
isim yang menujukan tempat atau waktu yang harkatnya nasab dengan
mengirakan arti fi في artinya (di) هو الأسم الزمان اوالمكان المنصوب بتقدير
في…contoh عند inda …artinya(di) kalau di sambungkan kata lain
sepert كم kum ..jadi عندكم indakum..di kalian..nah inda ini dorf yang
menunjukandi satu tempat …EH jangan lupa dorf terbagi dua
1.Dorf zaman.ظرف الزمان…sesuatu yang menujukan di
suatu waktu
2.Dorf makan..ظرف مكان..sesuatu yang menunjukan
di satu tempat
ada beberapa yang menujukan pada suatu waktu
seperti di bawah ini
اليوم..alyaoma..hari ini…ليلة..laelatan..malam
…غدوة gudwatan ..pagi..مساء masaan ..sore..سحرا saharon..waktu makan sahur
(dawn) غدا..goddan…besok…dsb …contoh جئت اليوم ji,tu alyaoma ..saya datang hari
ini…kata alyaoma harkatnya nasab sebab kalimat dorf zaman
2.Dorf makan..diantaranya adalah ..امام amama…di
depan…خلف..kholfa ..di belakang ..وراء ..waro,a ..belakang..قدم ..qudama
..depan..عند ..inda..di…مع..ma’a ..bersama..dsb..contoh..خلف المسجد…kholfa
almasjidi..di belakang masjid..امام اليت..amama albaeti…di depan rumah….nah
kata amama….adalah dorf makan sebab menujukan suatu tempat..dan barisnya harus
nasab.
BAB ALHAL
الباب الحال
Hal artinya tingkah dan kelakuan…dalam ilmu nahwu
diartikan…sesuatu isim yang dengannya di jelaskan keadaan fiil….ringkasnya isim
untuk menjelaskan kata kerja….contoh جاء زيد ماشيا ja,a zaedun
masiyan….datang zaed berjalan kaki..atau dalam bahasa kita bisa di
implikimpliki ..sembari…nah kata masiyan (berjalankaki) menjelaskan kata kerja
/fiil kata(ja,a)datang..dan bukannya naik mobil…jadi yang mendengarkan obrolan
gak perlu bertanya dengan apa zaed itu datang..contoh lain..قام زيد باكيا …qoma
zaedun bakiyan..zaed berdiri sembari menangis…kata
bakiyan..(menangis)menerangkan kata kerja (Qoma)berdiri..nah kata bakiyan itu
namanya Hal dan harkatnya nesab.
BAB TAMYIZ
باب التميز
Tamyiz adalah kalimat yang menjelaskan
perbedaan karena kalimat masih belum jelas ..contoh تصبب زيد عرقا…tasobbaba
zaedun arqon..telah mengucur pada zaed keringatnya…kata arqon(عرقا) keringatnya
menjelaskan apa yang mengucur dari badan zaed karena masih belum jelas …apa itu
air matanya , darah nya atau keringatnya…atau dalam bahasa kita adalah yang
suka di pakai jawaban pertanyaan apanya ? nah ini dia tamyiz. contoh lagi..شبر
ارضا..sibru ardon…sejengkal tanahnya …kata ardon ارضا..tanahnya menjelaskan
kata sejengkal..dan menjawab pertanyaan apanya yang sejengkal ? jenis
kalimat begini namanya tamyiz dan harkatnya nasab.
BAB ISTISNA باب الأستثناء
Istisna dalam arti pengecualian….dengan
kata الا ..illa..kecuali…غير..goeru..selain..عدا..a’da…kecuali…dsb….disini
agak rumit karena berhubungan dengan rentetan format kalimat ..تام
..tam..sempurna ..موجب..mujab..positive…ناقص…naqis ..kurang/gak
sempurna…نفي….nafyi…menyangkal atau negative..kami coba jelas;an secara
singkat…pertama pengecualian dengan kata illa مستثنى بالا….kalau kalimatnya
taam dan mujab..sempurna dan positive…maka harkat yang di kecualikannya harus
nasab فالمستثنى بالاينصب اذا كان الكلام تاما موجبا….contoh قام القوم
الا زيدا…qoma alkaomu illa zaedan berdirilah orangorang kecuali
zaed …contoh lain باك الناس الا عمرا…baka annasu illa amron….menangislah
orangorang kecuali umar..kata zaedan dan amron harkatnya nasab karena datang
sesudak alat pengecualian kata (الا illa) dan kalimatnya taam dan mujab…disini
aku ceritakan apa itu taam…apa itu mujab…kaliamt taam (sepurna) adalah kalimat
yang sudah ada rangkaiannya..kalau fiil sudah ada failnya ..kalau mubtada sudah
ada khobarnya..subject sudah ada objectnya.dalam
contoh tadi قام qoma ..berdiri(fiil/kata kerja) القوم…alkaomu..orang orang
(fa’il/yang mengerjakan) الا..illa..kecuali>>huruf alat istisna ..ادهوات..alat
pengecualian …زيدا..zaedan ..yang di kecualikan….ini gambaran taam…..dan apa
itu mujab موجب…positive ..bukan kalimat negative.
Ada juga kalimat تام tam..sempurna…tapi
..منفي…manfi ..negative..contoh ماقام القوم الا زيدا…ma qoma alkaomu illa zaedan..tidak
berdiri manusiamanusia kecuali zaed..nah kata tidak di depan menunjukan kata
negative…dalam keadaan seperti ini pengecualian pakai kata الا illa…hukumyang
berlaku menuruti awamil..atau aturan yang ada ..dalam arti kalau yang di
kecualikan posisinya jadi fa’il فاعل maka harkatnya harus rofa’ ..kalau jadi
maf’ulbih مفعول به harkatnya harus nasab..dan kalau di masukin huruf jar
حرف جر ..maka harkatnya harus kasroh..contoh yang rofa’ …ماقام ال زيد …ma qoma
illa zaedun..tidak berdiri kecuali zaed..kata zaedun rofa’ sebab jadi fa’il
dari kata qoma yang di dahului negative..kata ما ma…contoh yang nasab..ما ضربت
الا زيدا..ma dorobtu illa zaedan..saya tidak mukul kecuali kepada zaed…kata
zaedan..jadi maf’ulbih مفعول به ..dari fi’il dan fa’il kata dorobtu..yang di
dahului huruf negative..ما ma..harkatnya nasab karena maf’ulbih sebagian dari
isim mansubat…contoh yang kasroh…مامررت الا بزيد…ma marortu illa bizaedin..saya
tidak melewat kecuali pada zaed..kata بزيد bizaedin..di dahului huruf jar ya
itu ب ba..maka harkatnya harus kasroh..dibaca bizaedin.
Seterusnya dari huruf istisna adalah goeru
غير..selain..عاد..aa’da..selain..سوى ..siwa..selain.خال
..hola..حاشى…hasa..dsb.. Nah kalimat yang di kecualikan pakai salah satu yang
di atas ini harkatnya harus kasroh…contoh ..قام القوم غير زيد…koma alkaomu
goeru zaedin…orangorang berdiri selain zaed…kata zaedin harus kasrah
karena berada di belakang alat pengecualian kata goeru
غير…contoh lagi..ذهب القوم عاد عمر …dzahaba alkaomu aa’da amrin….kata amrin
harkatnya harus kasrah sebab ada sesudak alat pengecualian kata
عاد..aa’da….dan begitu juga yang lainnya. ..tapi bagi…hola..haasa..bisa
dua jalan bisa juga nasab..contoh خال زيدا..hola zaedan…dan خال زيد…hoola
zaedin…begitu juga haasa.
BAB ISIM LA بان لا لنفي الجنس
La لا ..yang di maksud di sini .adalah
kata menyangkal لا لنفي الجنس..
BERSAMBUNG…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar