Teks diskusi disusun untuk menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan. Gagasan dan argument dari semua sisi dievaluasi sebelum
menentukan keputusan. Teks diskusi (lisan maupun tulis) dapat menguji topic yang
kontroversial, menggunakan argument secara langsung terhadap topic, dan harus meyakinkan.
A. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi
●
Membaca dengan teliti
● Menentukan pokok pikiran paragraph
●
Mendiskusikan jika ada yang mau didiskusikan
B. Menyimpulkan Isi Teks Diskusi
Menyimpulkan isi teks dengan memperhatikan struktur dari teksdiskusi. Biasanya kesimpulan teks diskusi berada di akhir teks.
C. Menelaah Teks Diskusi
Struktur teks eksposisi :
●
Pendahuluan
● Pikiran utama
● Alasan dan bukti pendukung
● Simpulan
Struktur teks diskusi :
●
Pendahuluan
● Gagasan utama satu sudut pandang.
● Gagasan utama sudut pandang
lain.
● Simpulan
Ciri kebahasaan teks diskusi:
● Kalimat yang digunakan dalam teks diskusi yang menunjukkan waktu sekarang karena biasanya berbicaara tentang permasalahan actual.
● Kata yang mewakili perasaan
membawa emosi dari pandangan penulis
dan pikiran.
● Kata emotif
● Bahasa evaluative untuk mengkaji argument
dan bukti pendukung
● Derajat kepastian
● Konjungsi dan penanda kohesi-koherensi
Konjungsi
Berfungsi untuk menghubungkan dua pikiran atau dua pengertian
●
Dan, menandai hubungan
setara, penambahan
● Atau, menandai
hubunganpemilihan
● Tetapi, menandai
hubungan pertentangan, perlawanan.
D. Menyajikan Teks Diskusi
Cara untuk menarik perhatian pembaca :
●
Gunakan judul dengan bahasa yang menarik perhatian
● Mulai pendahuluan dengan pernyataan retoris
● Mulai pendahuluan dengan bahasa yang sarat emotif
● Mulai pendahuluan dengan pengggunaan kata ganti personal
untuk melibatkan pembaca
● Mulai pendahuluan dengan pernyataan topic yang jelas
Contoh Teks Diskusi Berdasarkan Strukturnya
Pentingkah Anak Membawa HP?
Pendahuluan
Gawai (gadget)adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan berkomunikasi. Tidak hanya komunikasi saja, tetapi smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun.
Isi (Rangkaian Argumen)
Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapan pun dan dimana pun.
Selain itu,, adanya HP atau smartphone membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.
Sementara itu, pihak yang kontra atau pihak yang menentang pemberian HP untuk anak-anak beralasan bahwa belum saatnya anak-anak diberi teknologi yang canggih ini. Hal ini karena tidak semua informasi di internet itu baik. Banyak pula konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Selain itu, pemberian HP kepada anak-anak membuat mereka menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena lebih asyik bermain game di HP-nya.
Kesimpulan
Pemberian HP untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya. Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.
Setelah membaca contoh teks diskusi beserta strukturnya ini, kamu sudah paham ‘kan jika diminta untuk memaparkan argumen tentang permasalahan yang saat ini sedang hangat?
Bahan ajar Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar